Senin, 19 Januari 2015

Ayah HEBAT?

Siapa bilang cuma kasih Ibu yang tak terhingga sepanjang masa? 

Meskipun disibukkan oleh pekerjaan kantor, Ayah juga bisa kok bisa mendapat tempat di hati buah hatinya.
Berikut adalah 5 tips buat para Ayah supaya bisa menjadi Ayah yang hebat bagi jagoan atau putri kecilnya.
1. Luangkan waktu untuk anak Setiap orang pasti akan senang jika dianggap penting oleh orang-orang yang dikasihi, begitupun anak Anda. Dengan meluangkan waktu untuk anak dan melakukan kegiatan bersama, anak Anda akan merasa bahwa dirinya penting di mata Anda.
2. Biasakan makan malam bersama keluarga Makan malam bersama keluarga memberi kesempatan bagi anak untuk menceritakan tentang harinya dan apa saja yang ada di benaknya. Pada saat itulah, seorang ayah berperan dalam menjadi pendengar dan pemberi saran atau nasehat yang baik.
3. Berikan apresiasi kepada anak Ketika anak Anda berhasil melakukan sesuatu yang positif atau berhasil mencapai sebuah prestasi, tunjukkanlah apresiasi kepadanya. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa besarnya kasih dan perhatian yang Anda tunjukkan tidak boleh hanya berdasarkan prestasinya. Di sisi lain, jika anak Anda bertindak kurang baik, janganlah memberikan hukuman secara fisik. Hukuman fisik tidak akan membantu Anda memperbaiki sikap anak. Sebaliknya, perlahan-lahan berbicaralah kepada buah hati Anda mengenai perbuatannya dan jelaskan mengapa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.
4. Jangan malu mengekspresikan cinta kepada anak Peluk dan ciumlah anak Anda sesekali. Eits, Jangan salah, Ayah. Diam-diam anak Anda sangat senang jika bermanja-manja dengan Anda. Terlebih lagi, tidak hanya Ibu yang harus menunjukkan kasih sayang kepada anak. Dengan mengekspresikan cinta kepada anak, ia akan merasa aman karena ia tahu Sang Ayah mengasihinya.
5. Jadilah role model bagi anak Mengajarkan nilai-nilai yang baik kepada anak tidak selalu mudah. Terkadang, anak belum tentu bisa mengerti apa yang Anda ajarkan secara verbal. Ajarkanlah nilai-nilai kepada mereka dengan menjadi contoh yang baik. Sadar ataupun tidak, hal ini bisa berpengaruh terhadap anak.
Pasti Ayah mau kan anaknya berkata, ”Ayahku hebat! Dia baik. Aku mau menjadi sepertinya!” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...