Senin, 25 Mei 2020

Rumah 5M

Rumah 5M 
By: *Hendra Farma Johar* 
CEO Kimia Farma @KSA
Alumni HMI Sumbar

Selama ini pola kehidupan kita disibukan oleh urusan pekerjaan yang banyak. Misalnya bagi yang tinggal di kota2 besar seperti Jakarta. 

Selarsa setelah sholat Subuh di Masjid, kita bergegas menuju ranah pekerjaan tuk memenuhi kebutuhan dasar dan intelektual. Menjelang tengah malam, saat embun beranjak turun, baru sampai di Rumah. Dan hanya menemukan raga-raga lelah yang telah terlelap. Dengan rasa penat yang menusuk, tubuh minta jatah untuk diisitrahatkan dan kadang lupa untuk mandi atau sekedar membasuh badan.

Covid 19 seakan menelanjangi kita, ia tersenyum melihat kehidupan mahkluk yang sempurna itu. Terpana melihat kesibukan yang seakan menggenggam dunia. Covid seakan menyentil kita yang selama ini mengabaikan peran Rumah. Sehingga dengan lembut namun sangar Covid sampaikan agar kalian di #RumahSaja.

Sebagai umat beragama tentu kita sepakat bahwa covid 19 ini punya makna dalam keseharian kita. Salah satu peran penting saat ini adalah Fungsi Rumah.

Kita bisa melihat ada 5 Fungsi Rumah saat ini dan tidak tertutup kemungkinan menjadi fungsi masa yang akan datang. Fungsi tersebut adalah :

1. Maskan (Tempat Tinggal)

Inilah fungsi rumah yang selama ini digunakan. Tentu kita telah men setting tempat ini sebaik mungkin, sehingga fungsi Rumah sesuai dengan kebutuhan tempat tinggal.

2. Madrasyah (Sekolah)

Saat ini anak2 bersekolah di Rumah. Situasi yang melibatkan 3 pilar utama dalam pendidikan. Orang Tua, Anak dan Guru. Selama ini kita abai tentang pendidikan anak2. Karena kesibukan, hak-hak mereka jadi terkesampingkan. Namun fungsi rumah sebagai sekolah telah kita aktifkan kembali, agar pendidikan ananda sesuai dan dapat diverifikasi. Kita telah menjadikan rumah sebagai basis pembentukan karakter ananda ke depan, dengan kita sebagai orang tua yang menjadi Roll Modelnya.

3. Maktab (Kantor)

Work from Home menjadi keharusan yang kita jalani. Betapa bekerja dari rumah dan bekerja di rumah adalah situasi ideal. Kita bisa melakukan proses bisnis di tempat yang paling vital dalam hidup. Kita bisa bahu membahu dan saling menolong dengan pasangan kita dan anggota keluarga lainnya. Sungguh suasana yang ideal untuk sebuah Rumah Tangga. Awalnya tentu merasa canggung. Namun pelan namun pasti kondisi ini akan menciptakan pola kerja baru dengan hasil lebih optimal.

4. Mushollah (Tempat Sholat)

Biasanya saat adzan berkumandang, langkah kita bergegas menuju Masjid. Sholat 5 waktu berjamaah telah menjadi kebutuhan kita. Tidak lupa berdzikir, berdoa dan membaca AlQuran setelah menunaikan sholat. Namun saat ini kebiasaan itu kita alihkan ke Rumah. Baru kita sadar ternyata anggota keluarga di rumah masih belum sempurnah menjalaninya. Atau bacaan AlQuran kita yang masih perlu dikoreksi, bahkan hafalan Quran kita yang tak beranjak dari juz amma. Hari ini, rumah telah kita fungsikan sebagai tempat Sholat sebagai tiang agama.

5. Motivation Centre (Pusat Penyemangat)

Sungguh rumah adalah tempat pendidikan dasar bagi anggota keluarga untuk menghadapi tantangan kehidupan selanjutnya. Tak salah kita katakan rumah adalah awal dari pembentukan karakter suatu bangsa. Kita sebagai Bos nya keluarga tentu telah mempunyai standar yang tinggi dan benar untuk anggota keluarga kita. Punya anak2 yang sholeh dan sholehah, istri yang sholehah dan keluarga Sakinah Mawwadah Warrahmah tentu menjadi impian kita semua. Saat ini untuk membentuk karakter Insan Cita


itu dan memotivasi seisi rumah wajib kita fungsikan kembali, setelah bertahun lamanya tak dimanfaatkan.

Maskan, Madrasyah, Maktab, Mushollah dan Motivation Centre adalah fungsi Rumah yang telah dan akan kita fungsikan. Covid 19 seakan mengajarkan kita akan pentingnya fungsi rumah. Dapat kita lihat dalam 2 bulan terakir ini telah lahir Hafidz/Hafidzah baru, Imam2 Sholat baru, para pembaca AlQuran baru bahkan Imam dan Khatib Sholat Idul Fitri baru. Mungkin sebagian besar dari kita untuk pertama kalinya menjadi Imam dan Khatib Sholat Ied yang tentu berharap berlanjut menjadi Imam dan Khatib tahun depan tetapi di Lapangan.☺️

والله أعلم بالصواب 

Selamat Idul Fitri Spesial
Salam hormat untuk para Imam dan Khatib Idul Fitri, ternyata KITA BISA...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...