Jumat, 01 Mei 2020

Mengapa Harus Ke Gontor?

Sebuah tulisan yang rancak dan harus saya save dan share. Sangat sayang kalo dibiarkan begitu saja. Saya yakin banyak manfaatnya.

Mengapa Harus Ke Gontor??
By Hendra Farma Johar Abu Thufailah

Hal krusial menyekolahkan anak ke pesantren adalah memilih pesantren yang baik. Untuk itu lakukanlah perbandingan dari beberapa pesantren yang ada saat ini. Kalau saya memilih Gontor karena waktu itu menurut kami Gontor menduduki peringkat teratas dari segi kurikulum, keislaman, pembentukan karakter, alumni, biaya, sistem pendidikan dll.

Berikutnya, menyekolahkan anak ke Pondok tidak perlu persetujuan anak, jika anak setuju Alhamdulillah, jika tidak maka anak harus DIPAKSA. Karena kita paham inilah sistem pendidikan terbaik saat ini dan tidak ada pilihan lain. Ingat pondok pesantren tidak sama dengan boarding school.

Hal yang utama, kita dan pasangan kita harus TEGA.
Ayah dan Ibu harus kompak dan harus memiliki visi sama dalam mendidik anak. Jika kata TEGA tidak kita miliki dan rasa sayang dunia ke anak masih tinggi, percayalah... inilah kegagalan utama dalam menyekolahkan anak di pesantren. Biasanya ayah tega tapi ibu tidak atau sebaliknya. Tak jarang kita akan bertengkar urusan ini.

Namun jika kita merasa mampu dan punya banyak ilmu dan waktu untuk membentuk karakter anak, ndak usah disekolahkan di pesantren, didik lah sendiri di rumah secara Islami.
Kalau saya, termasuk orang tua pemalas dan ilmu agamanya sedikit, makanya memilih Pesantren.

Visi kami berdua adalah menginginkan ananda menjadi seorang ustadzah, paham agama dan berkarakter islami.

Lha bagaimana kami bisa mendidiknya seperti itu?, karena kamipun tak punya ilmu dan kemampuan untuk itu.

والله أعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...