Rabu, 21 Juli 2021

Teh Talua Tapai

 Teh Talua Tapai: Kreatif di kala PPKM


Sebenarnya sudah dari kemarin kemarin pengen teh telor ini. Kebetulan sebelum lebaran haji ada tukang tape yang lewat dan sang bundo suka dengan tape sebagai makanan selingan. Menurut beliau tape ini adalah makanan probiotik alami. Sehat bagi usus. 


Alhamdulillah masih ada sisa nya pagi ini, bundo menggorengnya dan saya hanya butuh satu sendok saja. Di dapur kami ditemani si bungsu mengolah tape ini masing masing. 


Satu butir telor bebek, saya pecahkan dan ambil kuning telornya saja. Putihnya diambil bundo buat tambahan bihun goreng pagi ini. 


Kuning telor tadi dimasukan ke dalam gelas dan ditambahkan satu setengah gula pasir, diaduk dengan mixer hingga berubah warnanya dari kuning/orange menjadi putih. 


Selanjutnya mixer dimatikan sejenak, ditambahkan satu sendok tape manis tadi, dan diaduk lagi hingga tekstur tape tersebut halus. Hal ini bisa ditandai dengan makin entengnya putaran mixer. Lebih kurang sekitar satu dua menit, cukup. 


Sementara dalam pengadukan tadi, bundo sudah mendidihkan air dengan teh celup yang ada. Teh celup Sosro, sesuai ketersediaan di rumah pagi ini. Hingga tehnya pekat dan mendidih, sedikit ditambahkan ke dalam gelas. Lebih kurang setengah gelas terisi, diaduk lagi beberapa detik. 


Setelah semuanya homogen, ditambahkan lagi seduhan teh yang masih panas tadi hingga gelas hampir penuh. Dengan cara begini akan terlihat layer tipis nantinya. 

Teh telor tapai siap dihidangkan dan dinikmati. Akan terlihat 3 'layer', dan jika ingin terlihat 4 'layer' bisa ditambahkan dengan susu kental manis putih. 


Faktor merk teh sangat mempengaruhi warna teh telor saya pagi ini. Sebaiknya menggunakan teh Bendera karena warnya lebih pekat dan lebih syantik lagi ketika sudah jadi. 


Dan untuk 'topping'-nya bisa digunakan susu kental manis coklat atau bubuk coklat, ataupun serbuk halus pinang muda. 


Tetapi berhubung apa yang saya buat pagi ini sudah cukup manis, topping yang biasa saya temui di kedai teh telor lainnya tak saya gunakan.  Tetapi jika tuan dan puan mau menggunakan topping ini, rahasianya sudah saya sampaikan. 


Dan jika mau menghilangkan rasa 'anyir' kuning telor bisa ditambahkan dengan seiris jeruk nipis. 


Alhamdulillah, pagi ini saya menikmati teh telor dengan tape goreng. Bihun goreng dinikmati oleh si Kakak dan sang Adek beserta bundo.



Dalam masa PPKM ini, memang kreatifitas kita diasah. Dan efek jajan di luar selama ini bisa dipraktekan di rumah. Soal rasa kagak kalah dibandingkan dengan teh telor nikmat yang pernah saya saya rasakan di tempat lain selama ini. Trik untuk membuat layer pun dapat. 



Sayang, rahasia teh telor 5 tingkat, seperti yang pernah saya nikmati di Rantau Barangin Bangkinang belum saya ketahui. Memang waktu itu tidak banyak bertanya kepada ibuk yang membuatnya. Jika ada dunsanak yang tahu, silakan komentar di bawah ini ya. 


Teh telor 5 tingkat yang enak hanya ada di Rantau Barangin ini, yang pernah saya temui. Semoga suatu waktu nanti bisa ke sini lagi mampir, menikmatinya sembari menikmati indahnya jejeran bukit barisan tang hijau mempesona. 


#tehtaluatapai

#tehtalualamak


Parung Serab 21/07/21

06.54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...