Minggu, 24 Januari 2021

Empat Hari Swap Positif:

Pengalaman dokter Rahyus Salim 


Sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit pusat rujukan terbesar di negeri ini saya patut bangga terutama dalam kebijakannya menerapkan green hospital yang bermakna bahwa nakes dan karyawannya selalu dipantau early detection sehingga seluruh nakes wajib terkonfirmasi swab negatif pada saat berpraktek dan melayani pasien.


Awal tahun baru itu barangkali adalah mimpi buruk bagi saya ketika manajemen rs tempat saya bekerja itu meminta saya cek swab rutin pada jumat 8 januari 2021. Walaupun tidak ada gejala yang berarti kecuali batuk ringan di awal tahun baru saya tidak menyangka bahwa hasil pemeriksaan swab saya ternyata positf dimana terdeteksi RdRp dengan Cq 31,84.


Siapa sih yang tidak lemas mendapat kabar seperti itu. Setelah melapor ke pimpinan kantor saya lalu dicutikan utk isolasi mandiri dan melakukan upaya pemulihan.


Isolasi mandiri bagi saya berarti mencegah orang lain tertular virus dari saya. Yang menjadi pertanyaan buat saya adalah bagaimana melepaskan diri sesegera mungkin dari cengkeraman virus ini.


Saya punya tekad untuk melawan virus itu dan mengusir dia sesegera mungkin enyah dari sistem pernafasan saya. Lalu mulailah saya membuat rencana rencana. 


Selain berdoa dan semakin tawakkal padaNya... sebagai orang yang mengerti bagaimana patofisiologi infeksi virus sars cov2 itu saya mencanangkan program bersih diri dan olah raga yang memicu hyperventilasi.


Upaya pengobatan yang saya kerjakan hanyalah meminum obat standar obat batuk dan obat panas. Dan aktifitas yang wajib saya kerjakan adalah olah raga mandiri berjarak dengan siapapun. Saya melakukan main bola mandiri, mengiring bola dilapangan terbatas dan main badmimton sendiri..


Upaya kebersihan diri saya lakukan 2 sd 3 kali sehari mandi dan mengganti pakaian...


Empat hari berturut turut aktifitas itu saya kerjakan dengan penuh kesadaran dan telaten..


Alhamdulillah pemwriksaan swab hari keempat menunjukkan hasil yg menggembirakan swab NF dan OF saya alhamdulillah terkonfirmasi negatif.


Alhamdulillah ya Allah... engkau kabulkan doa kami...engkau kebalikan kesehatan kami...


Kata kunci 

Olah raga dan jaga kebersihan diri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...