Rabu, 27 Desember 2023

Batu Lado

Senin, 25 Desember kami sudah jalan jalan ke pasar Bukittinggi. Ada yang bundo beli untuk dibawa ke rantau, buat keperluan Dapur Bundo Nova. Salah satunya ya ini, Batu Lado. Saya kurang paham kalo di-Indonesia-kan. Ulekan, katanya, tapi menurut saya kurang pas. 


Nah pagi ini ternyata ada proses membersihkan sebelum digunakan. Ini anjuran dari master chef kami, Ama Asma Yati. Batu lado ini asli dari batu kali. Harganya pun variatif. Dan yang Bundo beli ini, lumayan lebar dan harganya 150.000,-.


Membersihkannya pun menggunakan "sampureh". Anda tahu apa itu sampureh? Sampureh itu bagian kelapa sisa perasan santan. Dengan ini diberikan dahulu beberapa kali, hingga sisa-sisa Batu halus yang menempel di Batu lado ini terangkat sempurna. Sampureh yang tadinya putih menjadi kehitam-hitaman. 


Setelah itu, Batu lado itu pun diletakan di air cucuran atap. Air hujan yang akan membantu membersihkannya. Tidak dicuci langsung dengan air yang tergenang.


Mungkin ada yang bisa bantu jawab kenapa? Ini scientific jawaban nya. Silakan komen dibawah ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...