Selasa, 03 Desember 2019

Indikator Alami




Dua kejadian dibawah ini cukup bagi kita untuk dapat menilai sejauh mana sehat atau tidaknya makanan/minuman yg kita konsumsi.

Yg di gelas adalah air putih, tanpa gula, air mineral Ufia yang kami minum sehari hari yang saya temukan pagi ini dan yang kedua adalah roti yang saya konsumsi di Gontor Putri 3 Ngawi ketika menjenguk anak oktober lalu. Keduanya disemutin.


Anda tentu sering makan donat? Bahkan kadang donat tersebut anda bawa dan dimakan di rumah. Andai donat itu tak disentuh sama sekali oleh semut, sebaiknya anda berhentilah mengkonsumsi donat jenis tersebut. Pilihlah donat yg disukai semut.

Begitu juga bila ada roti, kue dan donat yang awet berhari hari di ruang terbuka, tak tumbuh jamur sama sekali, janganlah anda konsumsi karena olahannya sudah pasti menggunakan bahan pengawet.

Air mineral yang anda konsumsi juga demikian. Apabila sudah berjemur berhari hari di bawah terik matahari, di tempat anda membelinya, ternyata  tak ada lumut tumbuh didalamnya, berarti juga sudah ditambahi pengawet. Karena air yang sehat apabila mendapatkan sinar matahari, lumut akan tumbuh. Kolam renang yang terawat dan airnya bening, tak ada lumut di dalamnya, meskipun mendapat sinar mentari langsung berhari hari, itu karena ada senyawa chlorine yg ditambahkan di dalamnya. Dan ini hanya perbandingan saja, bukan berarti saya mengatakan zat kimia yang sama yg digunakan untuk air galon tersebut.
Oh ya satu lagi khusus air mineral galon, pilihlah yang ada expired date-nya. Umumnya air kemasan galon usianya hanya enam bulan saja.

Begitu juga ketika bakso, sosis, ikan, daging, ayam yang anda beli ternyata tidak dimakan oleh kucing, janganlah anda makan, jangan anda konsumsi!!! Karena hewan ini sdh mencium ada yg tidak sehat dalam bakso dan daging daging tersebut. Bisa jadi sudah ada "pengawet" atau bahan kimia lainnya yg tidak sehat bagi tubuh.

Baik semut ataupun kucing hanya sebagian kecil hewan yang sangat selektif dalam memilih apa yang mereka makan, seperti lebah, begitu juga dengan lumut adalah indikator alami yang bisa kita perhatikan dengan jelas, secara kasat mata.

Semoga tulisan ini bermanfaat, bila ada kesalahan akan saya koreksi dan bila ada tambahan akan saya lengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...