Jumat, 18 Desember 2020

Duri - The Oil City

Alhamdulillah dikunjungi sahabat Wan Alfian di sela sela kesibukannya hari ini di komplek Krakatau CPI Duri. Masuk ke sini agak ketat, ternyata. Dan kami dijemput di gate 3 dan keluar pun diantar di gate 2 oleh tuan rumah yang baik hati. Sementara sahabat saya bisa masuk karena ada "kartu sakti", bisa agak bebas masuk ke sini. 



Sesuatu banget bisa masuk dan mampir bertamu di komplek Caltex ini, setelah hampir dua puluh tahun rasanya tak pernah ke sini. 


Suasana agak berbeda dibandingkan dahulu. Perumahan ini sepi, tak banyak penghuni. Padahal kompleks ini sangatlah asri. Rumahnya tak ada pagar, punya halaman yang luas, pepohonannya rindang, udaranya segar. Rapi dan bersih, tertata asri. 


Di tengah pandemi ini memang harus bisa menahan dan membatasi diri. Berkumpul atau didatangi, mendatangi pun harus tetap jaga diri, tetap harus jaga protokol kesehatan diri sendiri. 


Alhamdulillah, saya sejak datang kamis kemarin dan balik lagi siang tadi banyak hal yang telah berubah di Kota Duri, terutama sepanjang jalan pertanian dari ujung hingga ke jalan sudirman, banyak toko/ruko berdiri. 


Andai tak terikat waktu dan pandemi mau juga berlama lama di sini. Menyapa sahabat dan kawan kawan serta sanak famili. InsyaAllah lain kesempatan di ulang lagi ke sini. Apalagi jarak antara Pekanbaru Duri sekarang sudah sangat singkat. Tak ada lagi keraguan berlama lama di jalan, menghabiskan waktu hampir empat jam bahkan lebih kadang. 


Duri, the Oil City. Minyak mu 1.000.000.000 barel lebih sudah digunakan untuk membangun NKRI, tetapi geliat pembangunan mu sangat lambat sekali. Kondisi yang ada sekarang seharusnya ada puluhan tahun yang lalu. 


Seharusnya kondisi Duri setidaknya mirip dengan komplek CPI dari dulu hingga kini. Tertata asri bak perumahan di luar negeri ataupun komplek super elite yang ada di Jakarta dan sekitarnya saat ini. Sayang buat NKRI jauh lebih kau senangi, atau ada segelintir yang masuk ke kantong kantong pribadi. 


Bye bye Duri, insyaAllah akhir tahun depan bisa datang lagi. Dan semoga Koh Rona ini segera pergi.

2 komentar:

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...