Senin, 30 Mei 2022

Subuh di Masjid Agung Kota Kudus

Ahamdulillah, selepas mandi jam tiga tadi saya langsung ajak si Bundo untuk ikut dengan saya ke mesjid. Meskipun Bundo sedang tidak sholat, tetapi beliau tetap bersedia menemani saya berjalan ke mesjid yang tak jauh dari penginapan. 


Suasana pagi yang asri, adem dan tak banyak kendaraan sangat sayang dilewati untuk olahraga jalan pagi sambil menunaikan kewajiban sholat subuh di masjid yang tadi malam saya singgahi sendiri. Dan pagi ini Bundo membersamai setiap langkah saya. Dan akhirnya ketika sampai di mesjid ini, Bundo pun takjub. MasyaAllah, katanya. 



Memang mesjid yang tertata dan terurus dengan baik. Entah ini mesjid pemerintah Kota atau tidak, sejatinya beginilah kita mengurus mesjid. Totalitas dan ikhlas. 


Saya yang sudah berwudhu dari penginapan tadi langsung masuk mesjid dan masih sempat melaksanakan dua sholat sunnah, tahyatul masjid dan rawatib nya. Dan setelah selesai dengan sholat sunnah, berdoa sejenak. Tak lama setelah saya berdoa, ternyata Imam masjid yang duduk tak jauh di depan saya terdengan membaca asmaul husna. Saya hanya mendengar dengan khusyuk dan tak lama kemudian beliau memimpin doa. 


Nah ini, yang unik. Baru di sini saya temui bahwa ada Imam masjid yang memimpin doa sebelum pelaksanaan sholat subuh. Ini yang sangat benar menurut saya. Mengapa? Karena diantara waktu terbaik untuk berdoa itu salah satunya adalah di antara adzan dan iqomah. Baru kali ini saya temui Imam yang memanfaatkan waktu seperti ini. Doa bersama menjelang iqomah. 


Alhamdulillah, semua jamaah yang hadir khusyuk mengikuti doa yang dipanjatkan oleh sang Imam. Tak ada terdengar suara apapun, kecuali suara Imam dan desis 'aamiin' dari jamaah yang ada. Ini jauh lebih terasa ketimbang lantunan sholawat yang menggunakan microphone sekali pun. Ini jauh lebih mulia. Mengamalkan hal yang sedikit, tetapi sangat dianjurkan. Yakni memanfaatkan waktu berdoa bersama menjelang iqomah. MasyaAllah. 


Dan selesai Imam berdoa, iqomah dilantunkan dan sholat subuh pun dilaksanakan. Selesai sholat, tetap ada zikir lagi, seperti yang kita temui di mesjid lainnya. Kekhusyukan sholat sangat terjaga di sini.


#####


Tak lama setelah selesai sholat dan berdoa saya keluar dan di teras mesjid, tak jauh pintu keluar sebelah kanan, Bundo menanti. 


Dan takjub kami lagi, ternyata ada sedekah sarapan pagi yang disediakan oleh DKM nya di dekat dua pintu masuk mesjid. Di tempatkan di tempat yang sangat tertata dengan baik, dengan indahnya. Setiap jamaah yang berminat silakan ambil. Dan ternyata tak hanya untuk jamaah subuh saja, tersedia setiap senin dan kamis sore bagi yang berbuka. Sesuai yang tertera di photo yang saya sertakan di tulisan ini. 



Alhamdulillah, sebagai mesjid yang berada ditengah tengah Kota, di alun alun kota tentu mesjid Agung Kudus ini menjadi tempat transit bagi para musafir. Tempat yang sangat menyenangkan bagi mereka yang butuh tempat sekedar rehat dan sholat menunaikan kewajiban nya. Air yang bening, mesjid dan kamar mandi serta toilet yang bersih. Ada area yang nyaman untuk tidur ataupun sekedar bisa rebahan untuk melepas sejenak lelah di badan. Dan di teras dan halaman mesjid bisa juga dimanfaatkan oleh anak anak untuk bermain dan berlari larian. Juga tempat yang nyaman buat rihlah sekeluarga, tanpa meninggalkan ibadah, karena alun alun kota ada di depannya. Inilah sejatinya fungsi mesjid yang ideal. Mantap jasa..... 


Barakallah buat DKM dan donatur yang telah menjadikan tempat ini tempat yang menyenangkan bagi jamaah dan para musafir. Bagi keluarga kecil di Kota Kudus ini, yang bisa menikmati liburan ringan di tengah kota, kapan saja. Tentu mesjid ini menjadi kebanggaan bersama. 


Keren deh pokoknya. Bagi para travellers seperti saya silakan mampir ke mesjid Agung Kota Kudus ini dan buktikan sendiri. Barakallah buat semuanya. 


Bada subuh, di teras mesjid Agung. 

27 Mei 2022

05.18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...