Sabtu, 25 Januari 2020

Pengukuhan IKA Unand Jabodetabek


Alhamdulillah siang tadi bisa menghadiri pelantikan/pengukuhan kepengurusan IKA Unand Jabodetabek periode 2019-2023 yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta Pusat. Gedung yang baru sekali ini saya datangi, ternyata menurut kakanda Ilhamsyah Bkt-kt adalah salah satu temoat terbaik bagi wisata keluarga. Di sini bagi "pecandu" buku dan pencari literatur buat menulis karya ilmiah adalah tempat terbaiknya. Lokasi yang strategis, suasana yang sangat elok, ruangan yang sangat "rancak", dan view yang bagus menghadap ke lapangan Monas serta mempunyai mushola yang keren merupakan tempat yang sayang kalo tidak disinggahi bagi warga Jakarta. Ada rasa penyelasan bagi saya mengapa sekarang baru tahu. Thanks buat da Ilhamsyah dan Aldayan Dhayan Dja Nur yang sudah merasakan nikmatnya perpustakaan ini.

Agak telat saya datang ke sini, hadir setelah pelantikan kepengurusan pak dokter Mulyadi Muchtiar, selaku nakhoda Ika Unand Jabodetabek, tak mengapa daripada tidak datang sama sekali. Ada hikmah yang saya dapat, meskipun terlambat.

Menjelang masuk ke gedung, saya sudah dipanggil oleh kakanda Ilhamsyah dan diperkenalkan dengan uni Betty, alumni Ekonomi Unand angkatan 80. Beliau adalah anggota DPR RI periode yang lalu, 2014-2019, yang bakalan maju sebagai salah satu kandidat Bupati Tanah Datar, kampung halaman saya.

Tak lama berselang kami mengobrol bertiga, Aldayan pun datang dan disusul seniorita alumni ekonomi angkatan 84, staff ahli ekonomi di Kemenkopulhukkam.

Inilah kalo alumni berkumpul, banyak cerita yang didapat, termasuk peluang peluang politik bagi alumni yang berminat maju di pilkada serentak tahun ini di ranah minang. Tak lama kami pun meninggalkan lokasi ini, setelah ni Betty sudah ditungu oleh suaminya yang juga mantan Bupati Tanah Datar periode sebelumnya.

Menuju ke lantai enam gedung, naik lift saya dan Aldayan langsung menuju mushalah menunaikan sholat zuhur berjamaah. Mushola yang "rancak" dengan interior yang sangat apik, ada nuansa "scientific"nya. Nama Allah dan nama Rasulullah terpampang di bagian depan sangat menarik. Rancak bana.

Selesai sholat kami menuju ke lantai empat tempat dimana acara pengukuhan DPD IKA Unand Jabodetabek, ternyata sedang ada pembacaan puisi oleh kakanda Taslim Dt Tambogo, Ketua Umum IKA Unand periode sebelumnya. Ternyata banyak kepandaian beliau yang belum saya ketahui sebelum ini. Seorang alumni kimia yang punya bakat berpuisi.

Kakanda Taslim, alumni kimia angkatan 89 ini adalah anggota DPR RI komisi 3 periode tahun 2009-2014. Beliau terpilih sebagai Ketua Umum saat menjabat sebagai anggota dewan dan sekretaris beliau adalah kakanda Ilhamsyah alumni Teknik 89.

Dalam satu meja, kami pun duduk bersama. InsyaAllah kakanda Taslim pun akan maju sebagai kandidat Bupati Kabupaten Agam dari PAN, sesuai anggota partai yang telah beliau besarkan sejak era Reformasi. Ketika menjadi alumni muda tahun tahun bergolak 98 beliau sudah terjun sebagai pengurus inti Barisan Muda PAN Sumbar yang akhirnya mengantarkan beliau sebagai anggota DPRD Propinsi Sumbar dua periode berturut turut, 1999-2004 dan 2004-2009.

Sebagai politisi yang pernah menjabat sebagai anggota dewan mulai setingkat propinsi hingga nasional, sudah tentu paham bagaimana melihat peluang dalam pilkada tahun ini. Saya secara pribadi dan juga sebagai alumni Unand sangat mendukung pilihan beliau untuk maju sebagai kandidat cabup Agam.

Sejatinya ada satu lagi alumni Unand yang berminat maju di pilkada tahun ini di kabupaten Solok, yakni adinda Maigus Tinus, seorang pengusaha muda. Sayang saya tidak bertemu dengan beliau siang tadi. Tetapi rencana maju dalam pilkada ini, sudah beliau sampaikan ketika Musda Ika Unand Jabodetabek beberapa bulan yang lalu di aula RS Yarsi Cempaka Putih. Beliau saat itu juga maju sebagai kandidat ketua Umum Ika Unand dari IKA Fisip, selain kakanda Welly Bend dari Ika Farmasi dan kakanda Mulyadi Ika Fdok Unand. Dalam kepenguruan saat ini beliau terpilih sebagai Wakil Ketua Umum IKA Unand Jabodetabek.

Semoga dengan semangat membangun ranah minang secara rancak berakhlak kita dukung para alumni Universitas Andalas yang akan maju di pilkada tahun ini.

Dalam acara ini saya bertemu dengan senior Kimia juga yakni kakanda Rozyan Yazid Kimia 71, yang lebih dikenal dengan nama da Kojenk dan ni Lina Muslim Kimia 82 yang mengadakan promo produk.

Menjelang sore acara pun berakhir. Sekitar jam tiga, saya dan Aldayan pun meninggalkan gedung ini, kembali ke rumah masing masing.

2 komentar:

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...