Kamis, 16 Mei 2019

Tour de Java: Bintaro-Ngawi pp

Tour de Java: Bintaro-Ngawi pp

Alhamdulillah, trip ke Ngawi dr Bintaro kali ini kami pilih waktu menjelang siang. Tepat dari rumah berangkat jam 11.00, Senin 3 Juli 2017. Rehat pertama kami lakukan di rest area km 57, sbg t4 favorit, selama ini.

Lokasi masjid yg strategis, bersih, ada kolam ikan yg sangat disenangi anak2. SPBU nya oke, kulinernya lebih banyak. Pengisian bbm pun kami lakukan di sini, setelah tersisa 2 bar.

Alhamdulillah perjalanan sangat lancar hingga kami bisa rehat berikut ntuk sholat dan makan malam di masjid, selepas alas roban, kab batang menjelang kota kendal. Bekal rendang, ikan teri balado jo kacang, plus ijan asin kami gelar. Di warung dekat mesjid tsb, kami tinggal pesan 3 buah pop mie ntuk anak2 dan sepiring sayur kacang panjang pedas manis. Minumnya teh manis, hangat dan dingin, segelas kopi mix, plus sesisir pisang yg ada kami beli ntuk bekal buah di jalan. Total waktu istirahat dr menjelang maghrib hingga isya, dan biaya konsumsi 49.000 rupiah. Lumayan ngirit.

Lanjutin perjalanan malam, semarang hingga bawen via tol. Tadinya mau coba ikuti keluar di tingkir salatiga, tp krn petunjuk tak jelas, akhirnya tetap di bawen. Menjelang masuk kota salatiga, kami ngisi lagi bbm tek rios hingga full.

Pas jam 23.00 kami tiba di gontor putri 1, dan ambil keputusan ntuk rehat di sini, di masjid yg betada di pinggir jalan raya. Subhanallah, mesjid ini penuh begitu juga parkiran mobil, luber hingga ke sisi jalan. Tentu di dalam, di halaman gontor putri 1 sudah pasti sama. Beberes sebentar menjelang pergantian hari saya paksakan segera tidur. Menjelang jam 04.00 saya bangun, ke kamar mandi wudhuk dan sholat. Ternyata sebelum adzan berkumandang, masjid sdh full. Jamaah sudah berdiri, siap2 sholat sunat.

Habis sholat, menjelang terbitnya mentari aktifitas jamaah sibuk mencari sarapan yg tersedia di warung2 di belakang masjid, segalanya ada, kecuali selera/masakan padang. ðŸ˜Š

Semua anggota keluarga mandi di sini. Kamar mandinya banyak, luas dan bersih. Antrian orang sebegitu ramenya tak terlalu kelihatan. Nyaman dan aman.

Habis sarapan, saya tiduran sebentar, sementara istri dan si sulung mencari kelengkapan yg masih kurang sebelum masuk ke gobtor putri 3 yg berjarak lebih kurang 13km dr gontor putri 1.

Jam 8 lewat kami lanjut ke pasar tradisional walikukun, beli kebutuhan buat kak Dhila satu bulan ke depan. Sebentar dr sini lanjut ke GP 3, melakukan daftar ulang.

Di GP 3, kak Dhila melakukan semuanya sendiri, ortu tau wali santri tak boleh ikut mendampingi. Jadilah kami menunggu proses ini hingga waktu ashar, sore hari. Santri harus mandiri.

Setelah semuanya beres, kami pamit, langsung pulang. Biasanya kami masih nginap sehari dua hari di sini. Tapi saat ini, kami putuskan segera pulang dan si sulung pun mau.

Jam 16.00 kami tinggalkan GP 3 menuju GP 1 lagi, ntuk mandi, bersih2 diri sebelum melanjutkan perjalanan. Ternyata ada 1 buku anak2 yg tertinggal di sini pagi tadi. Masih tergeletak di t4 yg sama dimana kami rehat sebelumnya. Alhamdulillah.

Selepas mandi, sembari menunggu istri dan anak2, sy sempatkan diri beli sate ayam 15 tusuk buat makan anak2 di jalan.

Jam 17.00 kami berangkat dr masjid ini, melewati kota sragen di ambang sore. Jalanan padat merayap. Dhifa disuapin bundanya nasi dan sate ayam tadi, setelah full tank, giliran Imam yg makan. Anak2 ini hrs diisi dari awal, krn biasanya kenyang langsung tidur hingga pagi menjelang.

Memasuki kita salatiga jam 8 malam ,jalanan padat. Di SPBU sebelum masuk tol bawen, saya isrirahat sholat jama maghrib dan isya. Ada yg kurang, andai amalan wajib ini belum dilaksanakan.

Hitung2 ini juga "break" sejenak sebelum memasuki jalur tol yg sangat menantang. Tol bawen semarang memang jalur tol yg punya tantangan tersendiri. Up and down, dengan tikungan yg tajam. Butuh extra hati2 di sini, khususnya malam. Bis biasanya ngebut, truknya pelan. Apalagi yg terbiasa di trek datar, spt merak hingga cipali, di sini, bawen semarang beda banget.

Lepas tol, masuk kota semarang hingga kendal jalanan padat merayap. Mobil tak bisa dipacu. Ngikutim arus saja. Kondisi ini membuat ngantuk sang supir, apalagi sendirian. Yg lain tiduuur ternyata, lepas dr sragen td.

Menghilangkan ngantuk, sy mampir sebentar di alfamart, beli 2 botol C1000 orange dan 2 botol kopiko 78 dan roti buat teman di jalan.

Selepas kendal, kota/kab batang jalanan lancar, mata awas. Tetapi ketika masuk pekalongan macet lagi, ini agak panjang dan lama. Ngantuk mulai lagi datang, hingga mata mulai fokus cari spbu di kota ini. Alhamdulillah, ketemu spbu bersih, besar, mampir sebentar. Yg mau buang air turun dan Imam, putra saya no 2, yg td belum sholat, sholat jamak di sini. Saya pun ikut dg melaksanakan sholat witir saja. Lumayan, ada tambahan energi lagi.

Lepas kota pekalongan jalan lancar, tapi tetap padat, hingga ke pemalanga. Di jalur ini sang istri, navigator minta saya tidur lah sebentar. Saran ini saya ikuti sebelum masuk kota tegal, sebelum masuk tol. Waktu sudah menunjukan kira2 lewat jam 2 dini hari. Di area spbu, di dlm mobil, sy coba tidur. Mungkin ada skitar 30 menit, bangun, bugar saya lanjutkan perjalanan.

Memasuki tol brexit, pamer lagi. Di bbrp spbu yg saya lewati byk juga dijdkan tempat istirahat bg para supir kendaraan pribadi, termasuk menjelang pintu tol brexit. Jejeran kendaraan pribadi ini agak mengganggu sebenarnya bg pengendara yg mau lewat menuju pintu tol. Selama di tol, kecepatan mobil standar di angka 90. Safety driving, first.

Di waktu subuh kami istirahat lagi di rest area. Padat, baik yg sholat maupun yg rehat. Di rest area berikut, di km 102, rehat lagi, cari semilan pagi. Menjelang jam 7 kami lanjutkan perjalanan dg perhitungan bs sampai di rumah jam 9 an lewat. Alhamdulillah, sedikit tersendat di seputaran tol kampung rambutan, pamer kendaraan di tol, akhirnya kami sampai lagi di rumah jam 10 pagi, Rabu 5 juli 2017. Total waktunya 47 jam safar kali ini bagi kami, pp Bintaro-Ngawi. Safar terpendek bagi kami sekeluarga menuju Gontor.

Satu hal yg agak berat, sejak balik dr kampung, jumat minggu lalu, hingga tour de java ini adalah sakit mata. Mata yg selalu berair dan mengeluarkan kotoran. Untung navigator rajin, netesin visine selama dlm perjalanan hingga saat ini. Kadang kalo bangun tidur, agak susah mata ini dibukak, seperti ada lemnya.


Reposted : 5 Juli 2017 5 Jul 2017 21.34

#GontorTrip
#GontorPutri3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Car Free Day 15/09/2024

 Car Free Day  Minggu 15 September 2024 Sabtu siang Akbar, sepupunya Imam datang ke rumah. Dari kampus Untirta Sindang Sari Serang Banten be...